Wednesday, March 18, 2015

Pengaruh Jejaring Sosial Terhadap Perilaku Remaja

Image result for jejaring sosial remaja




Jejaring sosial dan pengaruhnya bagi remaja!




                   Jejaring sosial sangat berpengaruh bagi kehidupan remaja sekarang. Berbagai informasi dan berbagai fitur menarik di dalamnya membuat banyak remaja menggunakan berbagai macam jejaring sosial. Tentunya hal ini berdampak besar bagi perkembangan remaja sekarang, tapi tidak semuanya berdampak baik. Apabila jejaring sosial digunakan dengan cara yang salah atau untuk tujuan yang salah tentunya akan berdampak buruk bagi remaja-remaja sekarang.
                  Remaja adalah suatu periode transisi dari masa akhir anak anak hingga masa awal dewasa.Sedangkan jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilaivisiidetemanketurunan, dll.

Macam-macam jejaring sosial
Image result for macam jejaring sosial

     Jejaring sosial sangat bermanfaat bagi remaja dan sangat mendukung perkembangan remaja dalam bidang teknologi dan komunikasi.
Jejaring sosial membantu remaja untuk mencari informasi dan berkomunikasi dengan teman, mencari teman baru dan lain-lain. Tetapi kita sebagai remaja juga harus berhati- hati saat mengenal orang baru di jejaring sosial dan tidak boleh terlena dengan fitur-fitur jejaring sosial. Kita harus memprioritaskan apa yang menjadi kewajiban kita lebih dulu.

Manfaat jejaring sosial:

1. Mengembangkan kemampuan teknis dan sosial
2. Memperluas jaringan pertemanan
3. Meningkatkan percaya diri
4. Mempermudah penyampaian informasi
5. Mempermudah untuk berkomunikasi
6. Memotivasi remaja untuk belajar melalui teman- temannya di jejaring sosial

Dampak negatif jejaring sosial :

1. Dapat menyebabkan ketergantungan
2. Bahaya kejahatan dan penipuan
3. Menggangu konsentrasi belajar
4. Remaja akan merasa kecanduan dan tidak mengenal waktu karena mereka harus update terhadap situs jejaring sosial yang mereka miliki
5. Remaja menjadi malas karena terlalu asyik dengan jejaring sosial, mereka juga lupa akan kewajiban mereka sebagai pelajar.
6. Remaja juga akan bersikap egois, tidak peduli dengan lingkungan sekitar karena waktu yang mereka miliki dihabiskan untuk internet.


Upaya mengatasi bahaya jejaring sosial :

  1. Lebih mendekatkan diri pada Tuhan
  2. Membatasi waktu mengakses jejaring sosial dengan mencari kesibukan yang positif. 
  3. Bersikap waspada dan tidak mudah percaya terhadap orang yang baru kita kenal.
  4.  Menggunakan bahasa dan perkataan yang sopan dalam menggunakan jejaring sosial. 
  5. Tidak lupa bersosialisasi di kehidupan nyata agar tidak terpengaruh terhadap dunia maya.

Jejaring sosial sangat bermanfaat bagi remaja terutama  mengembangkan kemampuan teknik dan bersosialisi di jejaring sosial serta mempermudah penyampaian informasi .Kita sebagai remaja harus mengatur waktu agar tidak bergantung pada jejaring sosial dan berhati-hati dengan modus kejahatan di jejaring sosial .


Saran saya, sebaiknya jangan terlalu bergantung pada jejaring sosial dan kita harus memilah apa yang akan kita tulis di jejaring sosial serta berhati-hati karena banyak modus kejahatan di jejaring sosial.

No comments:

Post a Comment